Ilmu Bahagia

Salah satu cara menjalani hidup dengan (lebih) bahagia …

Kawruh Jiwa, Rompi Ontrokusuma dan Ki Theodorus Pujiono

Posted by Wijayanto on January 12, 2008

dikutip dari tulisan Ki Tri kadarsila di http://salatiga.bforum.biz , tepatnya di:
http://salatiga.bforum.biz/kawruh-jiwa-ilmu-bahagia-f11/kawruh-jiwa-rompi-ontrokusumo-dan-ki-theodorus-pujiono-t54.htm

Ki Ageng Suryomentaram (KAS) pd periode 1920-1928 di Yogya menulis Buku Langgar memuat 28 tulisan yng menurut saya (2003) mrpkn ‘surat politik’ dan keberpihakannya kpd ‘gerakan politik prakemerdekaan’. Ttp Ki Purwanto Subakhir (PS) (2006) melihat kumpulan surat tsb sbg wejang dan peta strategi pembelajaran-rasa Kawruh JIwa (KJ). Pada surat ke-3 bertajuk “Kere waja dateng Paman Karsana, dhik Mantri Pamicis, utawi Pak Suta” oleh PS ditafsir sbg lanjutan Surat ke 2 yang membahas ttg ‘kehendak’ (Jw: karep). Kere-waja dlm surat tsb diartikan pula sbg ‘rompi/kutang Ontrokusumo’ — yg dlm mitos Sunan Kalijaga dianggap sbg ‘senjata inkulturasi penyebaran Islam berbasis budaya Jawa di Pantai Utara Jawa’ (pen). Rompi tsb juga ditafsir sbg rompi-terbang bertanda bintang 8 di bagian dada milik R.Gatutkaca satria Pringgadani anak Wrekudara.

Oleh krn ‘Buku Langgar’ dianggap adalah konsep pra-KJ, oleh beberapa senior dan komunitas bhn tsb tak disebarluaskan. Masih disinggung sbg ilustrasi dan hanya dipelajari oleh para Pelajar yg memiliki ‘minat khusus’.

Dalam teks KAS dan Doktrin KJ rompi tsb diibaratkan sbg ‘alat penetral’ racun sanjungan dan pencemooh/ penelian negatif. Dng rompi tsb pemakai akan menjadi obyektif, sabar, dan bisa akomodatif thd penilaian subyektif orang lain. Dng rompi tsb pemakai akan menjadi pluralis, multikulturalis, dan intersubyektifis. Dasar esensial yg hrs dipenuhi pemakai agar bisa menggunakan rompi tsb adalah rasa-kasih thd sesama yg terjabar dlm 12 wejangan KJ dan sifat kualitatif 6 SA — pernah saya tulis pd topik lalu. Oleh Ki PS tahap ‘Rompi Ontrokusumo’ ini adlh ‘uji material’ prinsip dasar KJ thd realitas memblunyahnya kehendak manusia yng tercantum metaporanya dlm Surat-2.

Ki Theodorus Pujiono almarhum (meninggal 30/12/07) sepanjang 5 tahun mempelajari KJ memiliki minat khusus mempelajari dan mengaplikasi konsep Rompi Ontrokusumo (kere-waja) tsb. Ia mencari indikator empiris dan mencobanya dlm hidup keseharian, baik di kalangan rekan sejawat, pd Kelompok Tani di wilayah BPP Kesongo, Kab.Semarang atau dng tetangga pergaulan di Jerukan, Kalioso-Kidul, Salatiga. Hasilnya sangat mentakjubkan. Ia menjadi ceria, optimistik, semakin demokrat, dan menjadi ‘titah-sakwantah‘ yng berbahagia.

Selamat jalan Ki, sampai bertemu di ‘Junggringan’ di lain tempat dan waktu mendatang.

3 Responses to “Kawruh Jiwa, Rompi Ontrokusuma dan Ki Theodorus Pujiono”

  1. Wijayanto said

    Ki Tri, saya tidak ikut menghantar kepergian Ki Puji, karena saya terlambat menerima informasi-nya…
    Saya masih ingat ketika Ki Puji menanam bibit kelapa di ‘petilasan’ Ki Ageng Suryamentaram di Bringin, saat itu saya sudah nembung minta bibit kelapa seperti yang ditanam di situ. Ya…, karep saya mendapat bibit kelapa tidak keturutan, karena Ki Puji sudah pergi…
    Selamat jalan Ki Puji… kapan-kapan saya menyusul…

  2. obed said

    saya ingin tau banyak tentang ilmu begja ini..
    dan sekilas yang sedikit saya tau ada keterhubungan dengan logika filasafat existensial(pendekatan gestalt atau rollo may)..palagi tentang konsep sekarang dan disini..
    adalah tentang menyadari realitas dan menerimanya kemudian membangkitkan motivasi untuk bergerak…
    kalau saya salah tolong di’kandani’
    regards
    obed

  3. ki roto said

    ki tri, saya termasuk penggemar KAS dan tulisan-tulisannya. Bagaimana cara memperoleh “Buku Langgar” tersebut? Jika bisa saya ingin meng-kopinya untuk memperdalam pengertian saya akan kawruh begja sawetah. Sebelumnya saya ucapkan terimakasih.

Leave a Reply

 
