Ilmu Bahagia

Salah satu cara menjalani hidup dengan (lebih) bahagia …

Tegar (tatag)

Posted by Wijayanto on September 23, 2007

Salah satu ‘kelebihan’ yang dimiliki oleh para Pelajar Kawruh Jiwa (KJ), adalah ketegarannya dalam menghadapi cobaan hidup. Seorang pelajar KJ, yang isterinya terbaring dirumah sakit karena menderita kanker, dapat menunggui isterinya dengan wajah yang ‘biasa’ tanpa kesedihan yang berarti, bahkan sambil menunggui isteri di rumah sakit, masih sempat mengerjakan tugas-tugas kantornya.

Seorang teman saya pernah bercerita, ada seorang ibu yang anaknya (masih SMA) meninggal dunia karena sepeda motor yang dikendarai menabrak tiang listrik, tidak menangis dalam acara pemakaman anaknya, dan hanya berkata pada orang-orang yang keheranan, ” Ya.., kalau saya ya inginnya anakku tidak mati, tapi dia sendiri maunya begitu….”

Seorang pelajar KJ di Klaten, Jawa Tengah, ketika sadar rumahnya roboh karena gempa (Mei 2005), hanya bergumam, “Ya nggak apa-apa, besok bikin rumah lagi”. (padahal orang ini belum tahu akan mendapat uang dari mana untuk membangun rumahnya kembali)

Salah satu falsafah yang dipegang para pelajar KJ adalah mensyukuri apapun yang dialami. Prinsipnya adalah aku mau kini, disini, begini, artinya menerima keadaan apapun saat ini. Bukan kemarin atau yang sudah lewat, karena yang sudah lewat adalah ‘cathetan’ (pengalaman) dan bukan pula yang akan datang, sebab yang akan datang adalah ‘anggitan‘ (angan-angan/imajinasi). Prinsip kekinian ini membuat pelajar KJ menjadi tegar dalam menghadapi kejadian apapun yang dialaminya.

Ditambah lagi pemahaman bahwa kejadian adalah netral, dan yang menjadi masalah adalah tanggapan/sikap terhadap kejadian yang dialami oleh seseorang. Hal inilah antara lain yang menyebabkan para pelajar KJ memiliki ‘kere waja‘ (tirai baja), yang mampu ‘melindungi’ diri dari pengaruh-pengaruh yang dapat merusak diri, termasuk (khususnya) berbagai kekuatiran karena kejadian-kejadian yang tidak diinginkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: