Kawruh Jiwa dan Perspektif Aku
Posted by Wijayanto on September 21, 2007
KJ melihat konstitusi manusia sebagai Badan dan Jiwa. Jiwa dianggap sebagai psike, urip dan aku. Aku berfungsi sebagai ‘Aku Kramadangsa’ (AK) dan ‘Aku Tukangnyawang’ (AT). AT indentik dengan ‘Roh’/’Roh Individual’ dalam terminologi van Peursen/Rama Khresna, tidak berpengaruh terhadap AK,walau AT menanggung pengadilan terakhir (kalau ada). AK-lah berhubungan dengan ‘karep’ mengarah kepada pangkat/kekayaan/pengaruh. AK-lah hakekat manusia (isi karep) mengada bersama tubuh sbg ‘individu’. Tubuh adalah obyek AK. Tubuh hidup ketika ada gerak dan karep. ‘Mati’ berarti tak ada gerak dan berkeinginan/berkebutuhan mandi/makan/dsb. AK+AT bersemayam di hati (manah sebagai simbol ‘rasa’). AK dan tubuh menghasilkan tindak,berimplikasi pada ‘lelakon’ dicatat AT. Tindak akan adekwat bila diukur dengan rasa (dengan ukuran 6 SA). Lalu TUHAN (Pemberi Hidup) dalam konteks Imago Dei dimana? YA ADA di kita (manah?) dan di luar-kita. KJ sebenarnya bagian dari faham filsafat Parenealisme. Berpribadikah AKU ? Silakan tebak.
diedit dari Tri Kadarsila di http://www.instantbulletin.com/forum/viewtopic.php?t=8&mforum=salatiga
harun said
AKU…bukanlah diriku….bukanlah ragaku….bukanlah pikiranku….bukanlah perasaanku…
AKU yang sejatinya tanpa kasat indria….tanpa wujud n bentuk……
Tetapi AKU bisa dirasakan dimengerti dipahami….tanpa ruang n waktu
admin said
Membaca artikel Tri Kadarsilo nampak Manusia memiliki 2 ‘aku’. Aku sebagai identitas individu / ‘Roh Individual’, dan ‘Aku-ketubuhan’ berorientasi kehidupan sekarang berupa pangkat, kekuasaan dan kekayaan. Lalu ‘pengalaman-belajar’ itu bermanfaat untuk ‘membina’ atau memberi ‘pengalaman’ bagi Aku yang mana? Mohon penjelasan. Terimakasih.
seperti ditulis oleh Tawang Alun di:
http://www.instantbulletin.com/forum/viewtopic.php?t=8&mforum=salatiga
admin said
Tawang Alun menulis hadirnya Aku-Ganda dlm diri Manusia. Bukan hanya Karuh Jiwa (KJ) yng berdoktrin Aku-Kramadangsa (AK) adlh identik dng Aku berinti Karep, ttp juga Schopenhauer (SH). SH meyakini idealisme fahamnya terletak pd basis dunia-rasa setelah hadirnya ‘perasaan’ dari Karep (keinginan) manusia. Keinginan adlh esensi-inti Manusia, spt halnya dng Ruang atau Isi utk identitas ‘sebuah benda’. Oleh krn Keinginan mk manusia berjuang agar mampu, antara lain, mendapatkan (rsa) indah, bungah/susah, takut, dan cinta. Rasa adlh aspek penting Manusia, lewat Pikir sbg ‘alat’ Rasa bisa diperbandingkan walau subyektif. Rasa sbg ellan-vital (keinginan hidup) yng dimanifestasikan dlm alam Jagad-Kecil Manusia (mikrokosmos) lebih halus ketimbang kekuatan alam fisis dalam Makrokosmos. Tentu bukan pada daya rusaknya. Sulit nian untuk membuktikan kegandaan Aku dlm Manusia via sains, karena sains hanya menjawab-jelaskan fenomena. Tentu Filsafatlah yng menjawab masalah metafisika ini. Terimakasih.
Saya lupa menjawab pertanyaan Tawang Alun ttg manfaat pengalaman belajar bagi ‘Si Aku’ yng mana?. Tentu bagi Aku-Kramadangsa (AK) krn Aku-Situkangnyawang (AT) adlh oknum pasif. AK dididik agar tercerahi dan menjadi AK-Baru. Aku-Baru akan mengenal polah-tingkah Karep shg sdmk rupa tdk lagi hanyut atas dominasi Karep yng terus mengejar dng membabi-buta thd Kekayaan-Pangkat-Derajat. AK-lah yng akan meneri ma manfaat dari pengalkaman belajar. Celakanya semua tingkat pendidik an kita berinti berkurikulum ‘mengejar kebutuhan duniawi’ berinti 3 hal tsb. Jadi jatuhnya samasaja. Manakala pendidikan menghasilkan pencera han tentu hal tsb diperoleh lewat Pendidikan Orang Dewasa (kalau ada) atau Kursus2 Pencerahan spt miliknya Anand Kresna, juga mengikuti kegiatan KSM (Klp Swadaya Masyarakat) yng bergiat dibidang filsafat/ spi ritual. Sekali lagi AK-lah yang menerima manfaat banyak dari pengalamnan belajar/ sekolah. Terimakasih.
seperti ditulis oleh Tri Kadarsila di http://www.instantbulletin.com/forum/viewtopic.php?t=8&mforum=salatiga
SANTRI GUNDHUL said
AKU yang ada itu sesungguhnya tidak ada.
AKU yang sesungguhnya ada, ternyata bukan.
AKU yang bukan dikira iya adanya.
Lah…AKU yang SUJATINYA adalah
SUKMO SEJATI…Gumantung tanpo CENTELAH dan TULIS TANPO PAPAN KASUNYATAN…lungguhe BATIN Menungso sing SUCI…
Salam
soko Padepokan Borneo Timur
wiwit said
halah…. Sukmo Sejati barang… kuwi jarene sapa?
Sukma sing Ora Sejati apa, dimana, bagaimana mas?
Kolor ijo said
Halah juga. Sukma sejati yoiku sukmo kang bkl bali menyang guru sejati..Yoiku kang mengku uripmu.
Matur suwun
puji irawan said
br’arti aku adlh brsifat pribadi…seng urip nang njerone kromdongso…si tukang nyawang?amargo aku iku yo karep seng nitah’ake kromodongso obah?br’arti aku dudu kuwi/dudu kae?karep ki yo iki seng papane ono kromodongso’ne awak’e piyambak?sak njabane dewe mung konco urip?opo yo ngono iku?yuwun ngapunten menawi pitutur kulo mboten runtut….amargi nembe mawon yimak lan dereng mangertos nopo niku kawruh jiwo?
ROCHMADI said
AKU kang sejati iku tegese( ) suwung mas ora ono opo to opo……..
samsu sambang jagad said
Salam Silaturohmi,—-
sejatine mung aku dhohir sing takon
sejatine aku dudu aku dhohir
aku ora ono
sejatine sing ono amung AKU ‘ALLAH”
OJO PODHO TUMPANG SUH nyinau ILMU SEJATI
Koyoto ilmune Syeh Sity Jenar
Allahu A’lam Bishawab.
samsu sambang jagad
santri ngeli ngalam
Gunawan ae said
sukmo sejati niku kang dospundi
peter ingemar said
Dos kaleh dek
danto said
ikut urun rembuk, aku itu ada dan berwujut, sejatining uku juga sejatining urip, aku sejati tdk bisa mati, akusejati sumber dari segala ilmu, aku dalah jalan menuju surga, tanpa melalui aku manusia tdk bisa masuk surga, aku berwujut dan serupa dengan ragaku, ragaku bisa pangandikan dengan aku sejati, asal tau tatacaranya, dan mau menjalani lakunya, saya kira cukup sekian dulu kalo ada tananggapan monggo.
peter ingemar said
Aku nampani roso, aku kroso, aku ngerti, aku ono, aku weruh, dudu aku, dudu kowe.
peter ingemar said
Ojo salah, sejatining aku yaiku roso ono lan waspodo ning tetep wae aku ora ono nekora dianakke
peter ingemar said
Contone nek lagi turu opo semaput , aku ora ono, amergo ora ono kawaspadan sing nganakake aku
peter ingemar said
Aku ki ojo mbok pikir mas, aku mung iso srawung karo roso soale omahku neng jero roso .utek karo lisan ora bakal biso tekan marang aku.sandanganku akeh salah sijine roso urip, roso sing gerakake kabeh2 sing urip, nek ngeleh nyambut gawe ben iso tuku mangan, nek ngelak nggolek banyu nggo ngombe.roso kui mau ora butuh panggonan soale dudu wujud.
ansad mada said
Aku ke yo kowe,, kowe ke yo aku
Isine jagat iki yo mung aku karo kowe