Ilmu Bahagia

Salah satu cara menjalani hidup dengan (lebih) bahagia …

Kawruh Jiwa sebagai Psikologi Jawa

Posted by Wijayanto on September 21, 2007

KJ oleh Darmanto Yatman (2000) dianggap sebagai Psikologi Jawa atau secara khusus, karena aspek bahasan didalamnya, menyangkut ‘aku’, ‘rasa’ dan ‘mawas diri’ mengusulkan nama “Psikologi Kramadangsa”. Dalam bukunya ‘Psikologi Jawa’ ia membandingkan pemikiran Ki Ageng Suryamentaram (KAS) dng Maslow dari aspek-aspek: tujuan, obyek material & formal, ruang lingkup, metodologi, konsep-konsep pokok. Yatman juga mencoba memahami pemikiran KAS, terutama tentang ‘aku’ , dengan pemikirannya Sunarto (PANGESTU) tentang ‘Candra Jiwa’.
Yatman memulai menilai pokok pikiran KAS dengan hipotesis ‘Dengan meneliti rasa sendiri, kita akan bebas dari rasa aku dan menghayati rasa manusia sejati’ (p.7 yang dijabarkan dalam hipotesa kerja “Dengan meneliti: (a) rasa tanggapan senang/benci individu terbebas dari rasa senang/benci;(b) rasa-aku dan rasa-sama individu memilah bukan-aku dan bukan-kamu; (c) catatan rasa-bahagia/susahnya sendiri individu terbebas dari rasa-aku nya; (d) dengan a,b,c individu akan menghayati rasa-obyektif manusia tanpa ciri yang tak lain menjadi awas terhadap diri sendiri.
Kesimpulannnya: (a) KJ wejangan KAS bisa disebut ‘pangawikan pribadi’ merupakan gagasan eksplisit dlm tradisi kepustakaan Jawa; (b) Psikologi Indonesia, dalam konteks trasubyektif, historikal, dan nilai-nilai sebaiknya juga menggali psikologi yang mengakar pada budaya masyarakat sendiri; (c) KJ sebagai konsepsi teoritis menyangkut ‘aku’, ‘rasa’ dan ‘mawasdiri’ memenuhi syarat formal & material untuk studi psikologi sebagai Ilmu Jiwa Kramadangsa sebagai etnopsikologi Indonesia.
Yatman dalam buku tersebut secara khusus mentelaah ego dalam Psikologi Modern dengan membandingkan pandangan KAS, Freud, Berne, Haris, Jung, Hardjo Prakoso, Maslow dan Rogers.

Yang terang tak usah malu mempelajari KJ. Tak usah minder membandingkan KJ dengan teori psikologi asal negeri jiran. Mari bergabung mempelajari KJ dalam Komunitas Pelajar Kawruh Jiwa Salatiga!

diedit dari tulisan Tri Kadarsila di http://diskusi.salatiga.biz

About these ads

One Response to “Kawruh Jiwa sebagai Psikologi Jawa”

  1. […] pribadi’ atau “pengetahuan diri sendiri”. Ini adalah pengetahuan jiwa atau ilmu psikologi Jawa. Meskipun jiwa tak dapat ditangkap oleh panca indera, tetapi orang merasa bahwa jiwa itu ada. […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: